Katekese Paus Fransiskus: Menjadi Pencari Yang Gelisah Dari Kerajaan Surga

Paus Fransiskus mengatakan bahwa kita dipanggil untuk menjadi “pencari yang gelisah dan sehat dari Kerajaan Surga,” ketika dia merenungkan perumpamaan harta yang tersembunyi di ladang dan mutiara yang sangat berharga, ketika  doa Angelus hari Minggu (26/7/20). Demikian laporan  Christopher Wells dari vaticannews.

Saat doa Angelus  (doa Malaikat) hari Minggu itu, Paus Fransiskus merenungkan dua perumpamaan yang diceritakan oleh Yesus dalam Injil hari itu: tentang harta yang tersembunyi di ladang, dan tentang mutiara yang sangat berharga.

Dalam kedua perumpamaan, mereka yang menemukan barang-barang “berharga”, yang paling disayanginya, menjual semua yang mereka miliki untuk mendapatkannya. “Dengan dua perumpamaan ini,” kata Paus Fransiskus, “Yesus mengusulkan untuk melibatkan kita dalam pembangunan Kerajaan Surga, menghadirkan salah satu ciri dasarnya: Mereka yang sepenuhnya berjanji pada Kerajaan adalah mereka yang bersedia mempertaruhkan segalanya. ”

Paus Fransiskus mengatakan bahwa keputusan “tegas dan radikal” untuk menyerahkan segalanya untuk mencari harta yang lebih berharga menunjukkan bahwa “pembangunan Kerajaan tidak hanya membutuhkan rahmat Allah, tetapi juga kesediaan aktif dari pribadi manusia.”

Pencari Yang Gelisah dan Sehat

“Kita dipanggil untuk mengambil sikap tokoh-tokoh Injil ini,” Paus Fransiskus melanjutkan, “agar kita juga menjadi pencari yang gelisah dan sehat dari Kerajaan Surga.” Seperti dalam perumpamaan, ini melibatkan biaya: kita harus melepaskan “jaminan duniawi” – seperti “ketamakan untuk harta, haus akan keuntungan dan kekuasaan, dan hanya memikirkan diri kita sendiri” – yang dapat menghambat pencarian kita.

Terlalu sering, kata Paus, orang-orang menjalani “kehidupan yang biasa-biasa saja dan membosankan, karena mereka tidak mencari harta karun yang sebenarnya.” Sebaliknya, mencari Kerajaan Surga adalah “kebalikan dari kehidupan yang membosankan: itu adalah harta yang memperbarui kehidupan setiap hari dan menuntunnya meluas ke cakrawala yang lebih luas.” Pencari setelah Kerajaan ”memiliki hati yang kreatif dan ingin tahu” menuntun mereka ke “jalan baru” untuk mengasihi Allah, sesama kita, dan diri kita sendiri.

Petualangan Kekudusan

“Yesus, yang merupakan harta terpendam dan mutiara yang sangat berharga, tidak bisa lain menginspirasi kegembiraan, semua kegembiraan di dunia,” kata Paus Fransislus: “kegembiraan menemukan makna dalam hidup, kegembiraan melakukan diri sendiri dalam petualangan kekudusan. ”

Paus Fransiskus mengakhiri renungannya dengan doa agar Perawan Maria yang Terberkati “dapat membantu kita untuk mencari harta Kerajaan Surga setiap hari, sehingga cinta yang Tuhan berikan kepada kita melalui Yesus dapat dimanifestasikan dalam kata-kata dan tindakan kita.” (vaticannews.va/ Christopher Wells terj. Daniel Boli Kotan)

******

Sumber artikel dan gambar: https://www.vaticannews.va/en/pope/news/2020-07/pope-francis-becoming-restless-seekers-of-the-kingdom-of-heaven.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *