Buku Saku “Tanya Jawab RPP di Sekolah Dasar”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar telah merilis Buku Saku RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Tahun 2020.

Dalam kata pengantarnya, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Ir. Harris Iskandar, Ph.D, menyampaikan bahwa kebijakan penyederhanaan RPP merupakan salah satu kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden RI Joko Widodo dalam upaya meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu.

Lebih lanjut Harris menyampaikan bahwa kebijakan tersebut mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid. Kemudian, berdasarkan Surat Edaran Kemdikbud Tentang Penyederhanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dimana RPP hanya terdiri dari 3 komponen yang meliputi: tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment). Adapun tujuan dari penyederhanaan ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Selengkapnya anda bisa download  di sini file pdf Buku Saku “Tanya Jawab RPP di Sekolah Dasar” .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *