Katekese Paus Fransiskus : Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa, Konsepsi Awal Pemenuhan Rencana Allah

Dengan Maria yang dikandung tanpa noda dosa, Tuhan, bahkan sebelum kelahiran Maria, menggerakkan rencananya untuk keselamatan bagi dunia, kata Paus Fransiskus, demikian laporan Hannah Brockhaus dari catholicnewsagency.com di  kota Vatikan, minggu 8 Des 2019.

“Hari ini kita  melihat awal dari penggenapan ini ” dari janji Allah, katanya   dalam renungan  mingguannya pada doa Angelus (Doa Malaikat),  bahkan “sebelum kelahiran Bunda Tuhan.”

“Faktanya, konsepsinya yang sempurna membuat kita pada saat yang tepat ketika kehidupan Maria mulai berdebar di rahim ibunya,” lanjutnya. “Sudah ada kasih Allah yang menguduskan, melindunginya dari penularan kejahatan yang merupakan warisan bersama keluarga manusia.”

Perayaan Maria Yang Dikandung Tanpa Dosa, yang dirayakan oleh Gereja pada 8 Desember, menandai saat ketika Perawan Maria dikandung di dalam rahim St Ana, dengan jiwa yang dilindungi oleh Allah dari dosa asal.

Paus mencatat bahwa hari raya ini selalu terjadi dalam konteks Advent, saat menunggu, menunjukkan bahwa “Tuhan akan memenuhi apa yang telah dijanjikannya.”

“Tetapi dalam perayaan hari ini kita diberitahu bahwa sesuatu telah dicapai, dalam pribadi dan dalam kehidupan Perawan Maria,” katanya.

Pembacaan Injil hari ini dari Lukas yang mengisahkan tentang  Perawan Maria adalah seorang wanita muda yang dikunjungi oleh Malaikat Gabriel. Malaikat berkata kepada Maria, “Bersukacitalah, penuh rahmat: Tuhan menyertai kamu.”

“Tuhan selalu berpikir dan menginginkannya, dalam rancangannya yang tidak dapat dipahami, sebagai makhluk yang penuh rahmat, yang dipenuhi dengan cintanya,” kata Fransiskus.

Tetapi, ia merefleksikan, Maria dapat dipenuhi dengan rahmat Allah juga karena ia membuat ruang, mengosongkan keinginannya sendiri untuk memberikan ruang bagi kehendak Allah, mempercayainya dan menerima tanpa syarat, sampai pada titik bahwa Firman itu menjadi manusia di dalam dirinya.

“Maria  tidak kehilangan dirinya dalam banyak argumen, dia tidak menempatkan rintangan di jalan Tuhan, tetapi bergantung dengan cepat dan memberi ruang bagi tindakan Roh Kudus,” kata Sri Paus.

Dalam Maria “tercermin keindahan Allah, yang semuanya adalah cinta, rahmat, pemberian diri.”

Paus juga berbicara tentang kata-kata sendiri Perawan Maria yang Terberkati untuk dirinya sendiri: “pelayan wanita Tuhan.”

Maria  melayani “tanpa teriakan dan kesombongan, tanpa mencari tempat kehormatan, tanpa iklan,” katanya.

Ini adalah contoh bagi semua orang, lanjutnya, untuk “melakukan pekerjaan amal dalam keheningan, dalam persembunyian, tanpa membual. Bahkan di komunitas kita, kita semua  dipanggil untuk mengikuti teladan Maria, mempraktikkan gaya kebijaksanaan dan penyembunyian.”

Pada sore hari tanggal 8 Desember, Paus Fransiskus akan pergi ke Piazza di Spagna di Roma untuk memberi penghormatan di kaki patung Immaculate Conception, sebuah tradisi kepausan. Tahun ini, ia juga akan berhenti di Basilika St. Mary Major untuk berdoa bagi syafaat Bunda Maria.

“Saya meminta Anda untuk bergabung secara spiritual dengan saya dalam gerakan ini, yang mengekspresikan pengabdian kepada Ibu surgawi kita,” kata Paus Fransiskus.

Paus juga meminta orang-orang untuk bergabung dengannya dalam doa untuk pertemuan para presiden Ukraina, Rusia, Prancis, dan Kanselir Jerman, yang akan berlangsung 9 Desember di Paris.

Pertemuan ini adalah “untuk menemukan solusi bagi konflik menyakitkan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun di Ukraina timur,” jelasnya.

“Saya menemani pertemuan dengan doa yang intens dan saya mengundang Anda untuk melakukan hal yang sama, sehingga inisiatif dialog politik ini akan berkontribusi untuk membawa perdamaian dalam keadilan bagi wilayah itu dan penduduknya.”  (by Hannah Brockhaus/CNA/terj.Daniel Boli Kotan).

*****

Sumber artikel dan gambar: https://www.catholicnewsagency.com/news/pope-marys-immaculate-conception-the-start-of-the-fulfillment-of-gods-plan-13847

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *