Modul Pendidikan Agama Katolik Sekolah Dasar untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Gabriel Gondi)

Pandemi Covid-19, sejak awal  tahun 2020 telah mengubah secara drastis aktivitas di segala lini kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Guru-guru diharuskan merubah cara berpikir dan bertindak secara revolusioner dalam kegiatan pembelajaran yaitu dari cara konvensional menjadi digital. De facto,  sebagian besar guru kita, termasuk guru pendidikan Agama Katolik belum bahkan tidak siap menggunakan teknologi digital (gadget) untuk kegiatan pembelajaran. Banyak guru kita tidak tau harus berbuat apa, bahkan sekedar membuka laptop saja masih banyak  yang merasa asing, apalagi mengoperasikan sistem kerja yang ada di dalamnya. Singkat cerita, masih banyak guru kita yang gagap teknologi informasi. Meski demikian, kita bersukur bahwa seiring dengan perjalanan waktu, banyak guru yang mulai coba keluar dari  zona nyamannya yaitu mengajar secara konvesiaonal. Banyak pula  yang bergegas belajar bagaimana cara belajar pada masa darurat, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi ditularkan juga pada rekan-rekan guru yang lain. Kita bisa saksikan di youtube, banyak sekali guru-guru yang membuat video pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, mulai dari jenjang Pendidikan Sekolah Dasar sampai Pendidikan Sekolah Menengah  Atas. Tentu saja ini butuh kemauan dan juga tersedianya sarana gadget serta quota internet yang tidak sedikit.

Salah satu model modul daring Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar yang kami tayangkan di sini adalah karya bapak Gabriel Gondi, asal Maumere, Flores, NTT,  seorang pengawas PaKat sekaligus guru di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Beliau sangat senior dan penuh  bersemangat menulis dan mendampingi para guru di bantaran danau Toba yang indah dan asri.

Modul Pendidikan Agama Katolik ini  ditulis dengan judul Pembelajaran PAKAT BAKI  (Pendidikan Agama Katolik Berkarakter, Aktif, Kolaboratif Integratif). Dalam kata pengantarnya, pak Gabriel menulis bahwa modul ini, disusun sebagai upaya pelayanan pendidikan untuk peserta didik yang timbul akibat  Pandemi wabah Covid-19, sehingga dalam kondisi wabah seperti ini, mengharuskan  pembelajaran peserta didik di dalam rumah baik secara daring maupun luring.  Modul Pemebelajaran BAKI PAKat ini disusun secara linier dengan buku pembelajaran kurikulum 2013 yang disederhanakan yang mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat kurikukm 2013. Alasan kuat yang mendasari hal tersebut adalah bahwa seorang peserta didik, meskipun dalam keterbatasanya, tetap berhak mendapatkan pembelajarannya yang mendukungnya mencapai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk membaca modul  lengkap, silakan membuka file-file berikut ini.

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS I SD

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS II SD

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS III SD

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS IV SD

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS V SD

MODUL PEMBELAJARAN PAKAT KELAS VI SD

11 thoughts on “Modul Pendidikan Agama Katolik Sekolah Dasar untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Gabriel Gondi)

  1. Acun says:

    Terima kasih sudah membuat modul ini sangat membantu kami para guru yg tidak punya jaringan dalam menjawab kebutuhan anak belajar jajark jauh.

  2. maria madalena susilawati says:

    Terima kasih Bapak, tetap semangat membagi ilmu dan pengalaman kepada kami dengan membuat modul pembelajaran pada situasi pandemi swperti ini. Makasih. Tuhan memberkati. Salam

  3. Febry Bagus says:

    Terima kasih sudah berbagi ilmu bapak…saya sangat terinspirasi dengan bapak ingin belajar juga cara membuat tulisan dan modul. Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *