Katekese Paus Fransiskus: Harapan Kristiani adalah Belajar untuk Hidup dalam Pengharapan

Paus Fransiskus pada hari Rabu (01/02/2017) mengundang semua orang Kristiani untuk “menggunakan harapan keselamatan sebagai helm (1Tesalonika 5:8), dalam pengertian bahwa kebangkitan Kristus, objek dari harapan kita adalah pasti.”

Paus Fransiskus mengutip Surat Pertama Paulus kepada jemaat Tesalonika selama audiensi mingguan di Aula Paul VI, di mana dia melanjutkan katekesenya tentang harapan Kristiani.

Paus Fransiskus mengingat kembali kesegaran dan keindahan pewartaan jemaat perdana komunitas Tesalonika pada waktu itu yang digambarkan sebagai selalu “berakar dalam iman yang dirayakan dengan antusiasme dan sukacita kebangkitan Tuhan Yesus”, meskipun ada banyak kesulitan dan cobaan.

Paus Fransiskus mencatat bagaimana surat Rasul Paulus ini lebih tepat waktu dibandingkan sebelumnya karena, “sebelum misteri kematian, dan kehilangan orang yang paling kita sayangi, kita orang Kristiani ditantang untuk berharap dengan kuat pada janji Tuhan akan hidup abadi.”

Harapan Kristiani, Paus melanjutkan, “adalah harapan yang sudah penuh dan pastinya akan diberikan kepada kita semua.” Paus Fransiskus menggambarkan hal ini seperti seorang wanita yang sadar bahwa dia hamil, menunggu setiap hari sampai momen lahirnya bayi.

Menyimpulkan katekesenya, Paus Fransiskus mengatakan, St. Paulus menulis: “Yesus mati untuk kita sehingga entah kita bangun atau tidur, kita harus hidup bersama dengan Dia”. Kata-kata ini, Paus Fransiskus menggarisbawahi, “selalu adalah sebuah sumber dari penghiburan dan damai yang agung.”

Menjumpai para peziarah di akhir audiensi, Paus berterima kasih kepada delegasi dari Pergerakan Katolik Dunia untuk Iklim atas komitmen mereka untuk merawat rumah kita saat ini, sebuah “krisis lingkungan sosial yang serius.”

Dia juga mendorong mereka untuk melanjutkan membangun jaringan sehingga “gereja lokal meresponnya dengan determinasi untuk menagis bersama bumi dan menangis bersama orang miskin.” (Berita Vatikan, Terj. Ignasius Lede)

Sumber: http://en.radiovaticana.va/news/2017/02/01/audience_christian_hope_is_le...
Gambar: http://media02.radiovaticana.va/photo/2017/02/01/ANSA1141717_Articolo.jpg