Katekese Paus Fransiskus: Doa Orang-orang Kudus Menopang Iman Kita

Paus Fransiskus beraudensi umum hari ini (Rabu, 21/6/17) di halaman Basilika St. Petrus, kota Vatikan . Sebagaimana biasanya, Sri Paus dalam audensi umum yang dihadairi para peziarah dan pengunjung yang datang dari seluruh dunia, menyampaikan katekese atau pengajaran iman kristen kepada para peziarah itu.

Saudara dan saudari terkasih, demikian Paus menyapa umatnya. “Dalam katekese kita tentang harapan Kristen, sekarang marilah kita melihat orang-orang kudus (orang suci), kepada "mereka yang telah pergi sebelum kita ditandai dengan tanda iman".

Surat kepada orang-orang Ibrani berbicara tentang orang-orang kudus seperti "sekumpulan besar awan dari saksi-saksi iman” yang mendukung kita dalam perjalanan peziarah kita melalui kehidupan sekarang ini. Dalam sakramen baptisan, pernikahan dan pentahbisan, kita berdoa Litani para Orang Suci untuk meminta pertobatan dan pertolongan mereka dalam panggilan tertentu yang telah kita terima.

Kehidupan orang-orang kudus mengingatkan kita bahwa cita-cita Kristen tidak dapat dicapai. Terlepas dari kelemahan manusiawi kita, kita selalu dapat mengandalkan anugerah Tuhan dan doa orang-orang kudus untuk menopang kita dalam iman dan dengan harapan akan transfigurasi dunia ini dan penggenapan janji-janji Kristus di masa depan.

Semoga Tuhan memungkinkan kita semua untuk menjadi orang-orang kudus, untuk menjadi gambar hidup Kristus di zaman kita. Semoga dia menguatkan kita untuk menjadi saksi-Nya dan untuk membawa Injil kepada semua saudara dan saudari kita, terutama mereka yang menderita dan mereka yang paling membutuhkan pesan akan harapan yang tak habis-habisnya. (Radio vatikan/diterjemahkan oleh Daniel Boli Kotan)

Sourch: http://en.radiovaticana.va/news/2017/06/21/pope_francis_holds_general_au...